Memori adalah bagian dari komputer tempat program-program dan data-data di simpan. Beberapa pakar komputer ( terutama yang berasal dari inggris) Menggunakan istilah Store atau Storage untuk memori meskipun kata "Storage" sering digunakan untukmenuju kepenyimpanan disket. Tanpa sebuah memori sebagai tempat untuk mendapatkan tempat informasi guna dibaca dan di tulis oleh procesor,maka tidak akan ada komputer komputer Digital dengan sistem penyimpanan program.

1. Bits

Satuan pokok memori adalh digital Biner, yang disebut dengan bits. sebuah bits dapat berisi angka 0 atau sebua angka 1. ini adalah satuan yang paling sederhana, (sebuah peralatan untuk menyimpan hanya angka nol mustahil dpt membentuk landasan dari suatu sistem memori, paling tdk diperlukan 2 nilai.


2. Alamat Alamat Memori

Memori memori terdiri dari sejumlah cell cell masing masing dapat menyimpan sepotong informasi.Setiap cell memiliki sebuah angka yg disebut alamat,yang dpt dipakai program program sebagai acuan.Jika sebuah memori memiliki alamat alamat 0 sampai n-1.
Semua cell cell dlm memori berisi jumlah bits yang sama jika sebuah terdiri dari K bits cell tsb dpt menyimpan salah satu dari 2k mengkombinasi bits yg berbeda.

3. Pengaturan Byte

Byte byte dlm sebuah word dpt diberi nomor dari kiri ke kanan atau ke kanan ke kiri.Pertama tama mungkin tampak bahwa pilihan ini tidak penting,tapi seperti yg akan kita lihat sekilas pilihan tsb memiliki implikasi implikasi utama.

4. Kode Kode Untuk Memperbaiki Kesalahan

Memori memori komputer kadang kadang dpt membuat kesalahan karena tekanan tekanan voltase pada arus listrik atau sebab sebab lain untuk menghindari kesalahan kesalahan semacam itu, beberapa memori menggunakan kode kode pendeteksi atau kode kode perpaikan kesalahan ketika kode- kode ini.Bits bits extra ditambahkan pada setiap word memeri dengan suatu cara khusus.Ketika sebuah word muncul dari memori -memori, bit-bit tambahan tsb diperiksa utk melihat apakah telah terjadi sebuah kesalahan.

5. Memori Cashe

Secara histori, CPU-CPU selalu lebih cepat dari pd memori-memori semakin berkembang maju dan CPU-CPU pun semakin bertambah maju perbedaan kesempatan tsb tetap ada. Pada kenyataan karena semakin memungkinkan utk menempatkan lebih banyak Sirkuit pd sebuah CHIP para perancang CPU mengunakan fasilits-fasilitas baru ini utk Pipelling dan operasi super skala yang menyebabkan CPU-CPU semakin bertambah cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts